8 Strategi Penjualan di Tokopedia Agar Sukses

Agar sukses ketika menjual sebuah produk atau bahkan banyak produk di Tokopedia, tentunya kita harus mempunyai strategi yang tepat, sehingga target penjualan tercapai. Strategi penjualan di Tokopedia yang dimaksud, tentu saja beragam, mulai dari :

  1. Planning 

Strategi penjualan di Tokopedia pertama yang harus kita lakukan pertama kali adalah dengan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Rencana yang dimaksud, adalah merencanakan waktu kerja, teknik pengiklanan, dll, agar berbagai macam hal dapat terorganisir dengan baik. Termasuk ketika kita mempunyai target penjualan, dan ingin mencapai target tersebut.  

  1. Lakukan auditing

Lakukan auditing secara berkala, terutama strategi penjualan yang sudah dikerjakan sebelumnya. Apakah rata-rata target penjualan yang dilakukan berhasil atau tidak. Jika tidak, sebaiknya ubah startegi yang ada.  

  1. Mencoba pendekatan yang berbeda 

Apabila strategi penjualan pertama dianggap kurang tepat, dan tidak mampu memberikan target penjualan yang diinginkan. Tidak ada salahnya jika kita mencoba sistem pendekatan yang berbeda. Misalnya dengan memberikan diskon pada pembeli yang membeli produk dalam jumlah tertentu, atau yang lainnya. 

  1. Memberikan referral

Salah satu strategi lain yang dapat kita coba lakukan, adalah dengan menawarkan referal pada para pelanggan lama. Peluang seperti ini, akan memberikan rasio konversi yang terbilang tinggi. Pelanggan yang berhasil membujuk temannya untuk menjadi referal miliknya, berhak mendapatkan diskon sejumlah tertentu. 

  1. Menggunakan sosial media

Ada juga strategi lainnya yang dapat dilakukan, yaitu menggunakan sosial media. Ini adalah teknik atau cara meningkatkan SEO website, yang cukup efektif. Ada cukup banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan sosial media tersebut, mulai dari mampu membangun hubungan yang baik antara para konsumen dengan kita sebagai penjual, mampu memberikan informasi secara jelas dan lugas pada para konsumen, dan yang lainnya. Teknik seperti ini, akan membuat para konsumen merasa dekat dengan pihak penjual.   

  1. Menargetkan promosi

Lakukan promosi atau iklan secara berkala. Ini adalah salah satu teknik yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan target penjualan. Kali ini buat promosi yang menarik, sehingga para konsumen tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.  

  1. Menggunakan pengingat visual 

Untuk selalu mengingatkan kita akan target penjualan yang ada, dan sebaiknya dicapai, tidak ada salahnya jika meletakkan pengingat yang dibuat secara visual dan diletakkan di atas meja. Teknik ini juga dapat dilakukan sebagai motivasi, guna meningkatkan sistem penjualan secara lebih baik. 

  1. Aplikasikan metode SMART

SMART sendiri adalah sebuah singkatan yaitu Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan juga Time Bounded. Specific disini adalah target penjualan yang dilakukan, sebaiknya jelas, dan tidak mengambang. Measurable dimana target penjualan sebaiknya mudah diukur, apakah sudah tercapai atau belum. Attainable, Kita harus meyakini bahwa target penjualan akan diraih. Realistic, dalam hal ini target penjualan memang mudah untuk diraih. Terakhir adalah Time Bounded, target yang ada sebaiknya mempunyai batas waktu tertentu. Strategi penjualan di Tokopedia yang terakhir dan pastinya tidak boleh kita lupakan adalah semangat pantang menyerah. Karena pastinya kesuksesan tidak akan diraih pada kali pertama. 

Komentar Anda:

Email Anda tidak akan ditampilkan * wajib diisi