Mengenal dan Contoh Branding Diri Sendiri

Selintas lalu, mungkin kita pernah mendengar istilah Personal Branding atau Branding Diri Sendiri. Kata-kata seperti ini, paling sering terdengar dari para public figur, public speaker, politisi, dan yang lainnya. Tapi pernahkah kita berpikir apa itu personal branding, dan bagaimana contoh branding diri sendiri!  

Apa itu branding diri sendiri

Sebelum membahas tentang contoh branding diri sendiri, ada baiknya jika kita membahas tentang apa itu branding diri sendiri. Seperti namanya, personal branding adalah bagaimana cara seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi atau juga keterampilan yang ada di diri sendiri. Baik itu perilaku, memahami nilai unggul pada dirinya, termasuk apa yang ingin dirinya capai. 

Macam Personal Branding 

Saat ini, macam personal branding dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • Alami

Alami adalah, pencitraan yang memang sudah ada dalam dirinya sejak lama, dan tanpa dirinya sadari. Misalnya saja seorang yang suka bercanda, jika diasah dengan baik, ada kemungkinan dirinya bisa menjadi seorang komedian. 

  • Buatan 

Buatan adalah, sebuah pencitraan yang memang sengaja diciptakan oleh personal itu sendiri, untuk mencapai hal tertentu. Misalnya saja seseorang yang rajin mengupload video yang dirinya buat di salah satu sosial media, hingga akhirnya berbagai macam video yang dirinya buat booming, dan membuat dirinya menjadi seorang yang baru. 

Cara Membangun personal branding 

Setidaknya ada 4 langkah yang dapat kita lakukan untuk membangun branding diri sendiri, antara lain :

  • Discover 

Dalam hal ini kita harus mengetahui dan mengenal siapa diri sendiri, dan bagaimana jati diri yang sebenarnya. Teknik ini sebenarnya tidak terlalu berbeda ketika kita mencari cara meningkatkan CEO website, dimana kita harus mengenal terlebih dahulu diri kita dan apa yang hendak disampaikan.  

  • Create

Ini ada kaitannya dengan membangun branding diri sendiri di dunia maya. Sekaligus untuk memperkenalkan diri sendiri pada khalayak luas. Misalnya saja kita sedang mencari kerja, dan mulai membuat beberapa sosial media, untuk memperkenalkan diri sendiri, siapa tahu, ada perusahaan yang tertarik akan branding yang kita lakukan. 

  • Communicate

Dalam hal ini sebaiknya komunikasikan pada khalayak luas tentang siapa diri kita. Lalu mulai bangun dan jalin komunikasi dengan lebih luas dengan berbagai orang. Ini adalah salah satu contoh yang paling sering dilakukan oleh para pesohor, atau orang yang bergelut di bidang yang sama. 

  • Maintain 

Sesuatu yang dibangun, tentunya harus dijaga dengan baik, agar tidak cepat punah atau rusak. Teknik seperti ini juga sering dilakukan oleh para pesohor, seperti para penyanyi yang sudah lama tidak terjun ke Industri musik, dengan menggelar konser reuni, atau yang lainnya.  Dengan mengenal dan mengetahui berbagai macam contoh branding diri sendiri. Kini kita mengetahui betapa pentingnya branding untuk diri sendiri, agar menjadi seseorang yang lebih baik, dan mampu berbuat lebih banyak untuk kebaikan diri sendiri di masa depan. 

Komentar Anda:

Email Anda tidak akan ditampilkan * wajib diisi