5 Cara Membuat Brand Sendiri Secara Tepat Sedari Awal

Ingin membangun sebuah bisnis dan membuat produk sendiri, maka salah satu hal yang harus dipikirkan kemudian adalah Brand. Brand sendiri adalah sebuah gambaran yang mewakili perusahaan dan juga pihak penjual. Brand sendiri tidak hanya melulu tentang gambar tulisan, moto atau yang lainya, ini adalah sebuah image yang akan dibangun agar masyarakat luas mengenal, mengetahui bahkan menggunakan produk itu sendiri. Tidak bisa dikatakan mudah, ada beberapa cara membuat brand sendiri yang sebaiknya diperhatikan, seperti :

  1. Ketahui target dan kompetitor

Langkah pertama dari cara membuat brand sendiri yang sebaiknya diperhatikan adalah mencari tahu siapa target pasar yang akan dibidik, dan juga cari tahu, siapa saja yang menjual produk yang sama. Misalnya saja kita akan menjual produk pakaian anak, maka dalam hal ini kita akan mencari tahu target pasar (mulai dari usia anak, konsumen kelas menengah, bawah atau atas, dll), dan juga cari apakah ada toko lain yang juga menjual produk yang sama dengan produk kita atau tidak.  

Agar produk yang kita jual lebih berkompeten, tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan pihak audiene tentang kriteria pakaian anak seperti apa yang diinginkan. Ini yang kemudian akan disediakan. 

  1. Menentukan fokus dan karakteristik brand   

Akan lebih baik, jika kita bisa fokus pada salah satu elemen penting yang tentunya menyangkut brad yang akan dikembangkan. Mulai dari desain, penampilan, dan yang lainnya. Informasi seperti ini mudah kita cari tahu, jika menggunakan sosial media, yang akan menghubungkan antara pihak penjual seperti kita dan pihak pembeli atau konsumen. 

Pastikan karakterisitik ini tidak berubah, agar mencari diri khas atau karakteristik yang khas dari produk yang dibuat. 

  1. Tentukan nama brand 

Memilih nama brand tentunya tidak sembarangan, ada beberapa aspek penting yang sebaiknya diperhatikan. Kita sebaiknya memberi nama yang sulit ditiru oleh pihak lain, namun mudah diingat, dan pastinya mempunyai ciri khas dari produk kita tawarkan. 

  1. Menentukan slogan brand

Selain nama brand, kita juga sebaiknya membuat slogan untuk brand tersebut. Slogan yang dibuat, harus yang mewakili visi dan misi dari brand dan produk itu sendiri. Selain itu slogan ini juga sebaiknya tidak terlalu panjang, agar mudah diingat. 

  1. Menentukan logo

Dalam hal ini kita dapat membuat sendiri atau menggunakan jasa desainer. Logo yang dibuat ini, sebaiknya mempunyai ciri yang kurang lebih sama dengan produk yang dibuat.   Setelah semua tahap atau cara membuat brand sendiri hal tersebut sebesar, maka Anda perlu mencari dan bekerja sama dengan pihak vendor, untuk mempromosikan dan menjual produk yang dibuat.  Tidak lupa informasikan produk yang dijual di dalam sebuah website. Kita dapat menggunakan sosial media sebagai cara meningkatkan SEO website, yang dimiliki. 

Komentar Anda:

Email Anda tidak akan ditampilkan * wajib diisi